Selasa, 17 Januari 2012

Memulai Blog Anda Menghasilkan Uang

0






Blog bukan hanya sekedar hobi menuangkan pendapat. Blog dapat memajukan kreatifitas kita dalam hal apapun, karena secara tidak sengaja kit dididik untuk menjadi seorang penulis, baik seperti seorang wartawan yang menghasilkan berita, ataupun sekedar memberikan opini pada hal-hal tertentu.
Selain itu akan sangat baik apa bila hobi tersebut ternyata juga dapat memberikan uang tambahan, bahkan bisa sebagai bentuk bisnis yang serius. Sudah banyak yang berhasil lo dalam bidang ini :). Kalau tidak menjadikannya sebagai usaha bisnis yang serius dan memang benar-benar terfokus pada hal ini, adabaiknya kita mencoba hal-hal yang dapat menguntungkan dengan menjadikan blog sebagai ladang uang. Ini akan sangat membantu finansial kita, memberi uang saku kuliah tambahan, dll.
Beberapa tips berikut dapat membantu bagaimana memulai agar blog kita mau bekerja untuk kita dan menghasilkan uang!
  1. Pertama buatlah blog, karena nantinya yang menghasilkan adalah iklan dalam blog kita, pilihlah blog yang memperbolehkan kita memasang iklan, seperti blogger.com, jangan membuat di worpress.com, kecuali hanya untuk menulis biasa, karena wordpress melarang memasukkan iklan didalamnya.
  2. Berkomitmen untuk setidaknya dapat menulis hal-hal baru 2x dalam satu minggu. Kalau sudah ada beberapa posting dalam blog setidaknya ada 15 posting, baru melamar ke beberapa situs yang menyediakan publikasi iklan.
  3. Cobalah untuk melamar ke google adsense,Google adsense adalah penerbit publikasi iklan yang paling terkenal. Sesuai dengan TOS Google adsense, Blog anda haruslah berbahasa inggris, karena kebanyakan iklan yang ditampilkan berbahasa inggris. Anda akan mendapat bayaran sesuai dengan jumlah klik (CPC) pada iklan tersebut, atau rata-rata dari 1000 page impressions (eCPM). Saya sudah mencoba ini dan diterima.
  4. Bidvertiser, mirip dengan Google Adsense. Kalau anda diterima di bidvertiser, anda akan diberi kode-kode untuk menampilkan iklan sesuai dengan bentuk yang sudah anda setting dahulu di account bidvertiser, saya sudah mencoba ini, tapi masih belum maksimal.
  5. Bagi yang suka menulis dalam bahasa inggris, ada penyedia iklan dalam bentuk artikel (payperpost). Anda menulis 3-4 paragraf sesuai dengan permintaan publiser dan dimasukkan dalam postingan anda, biasanya mereview situs atau product tertentu, setiap post di beri fee mulai $4 bahkan ada yang sampai $50. Selain Payperpost, penyedia lain yang mirip adalah Blogvertise. Situs ini menghubungkan perusahaan pengiklan dengan anda untuk menulis tentang product yang mereka iklankan.
  6. Chitika dan Kontera. Kedua layanan ini cukup menarik, karena setelah anda mendaftar, anda tinggal mengkopi kode dari mereka untuk dimasukkan dalam kode blog anda. Setelah dipasang, pada blog anda akan terdapat link pada kata-kata yang mereka pilih, anda mendapat income dari pengunjung yang mengklik kata berlink tersebut; linknya berbeda dengan yang lain karena double underline. Bentuk iklan ini disebut dengan "context link programs" atau ada juga yang menyebut dengan "in text Advertising", blog anda tidak perlu bahasa inggris, asal dalam blog anda ada beberapa term bahasa inggris yang ditulis aslinya bukan serapannya.
  7. Program Affiliasi, program affiliasi berarti program yang berpatok pada aksi yaitu aksi membeli ataupun mendaftar. Pengunjung yang datang pada blog anda, kemudian tertarik pada salahsatu program affiliasi yang anda pasang, kalau dia membeli product tersebut berarti anda mendapat bayaran. atau kalau pengunjung tersebut join pada program tersebut anda juga akan mendapat bayaran. Salahsatu contohnya adalah situs Amazon.
Yang perlu diperhatikan adalah selalu membaca kebijakan pengiklanan (TOS) masing-masing situs yang anda lamar. Berhati-hati agar jangan melanggar TOS, misalnya mengklik iklan sendiri dll. Masih banyak bentuk pengiklanan yang lain, anda tinggal goggling untuk mencarinya.
Selamat Mencoba



You Might Also Like
JOIN THE DISCUSSION